Halaman

04 Oktober 2009

Hari Ke-97, Asma ke-97: Al-Waarits

Al-Waarits
Maha Mewarisi Segala Hal (The Supreme Inheritor)
"Dan sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami (pulalah) yang mewarisi." (Q.S. Al-Hijr[15]:23)

Segala sesuatu yang dimiliki setiap makhluk hidup sebenarnya adalah warisan dari Allah SWT. Semua yang ada di alam semesta ini adalah milik Allah dan akhirnya kembali kepada Allah. Oleh karena itu, Allah memiliki nama indah al-Waarits yang berarti Maha Mewarisi Segala Hal.

Suatu hari, seseorang meninggal dunia dan dikuburkan. Ketika orang-orang telah pulang, salah satu anggota keluarga yang meninggal berdiri di samping makam saudaranya itu. Tiba-tiba, ia mendengar suara rintihan dari dalam kubur. Rintihan itu membuatnya menangis karena kasihan.

Ternyata, orang itu selama hidupnya tidak mau mengeluarkan zakat, sehingga ia disiksa di kuburnya. Padahal Allah SWT telah memperingatkan kita dalam Surat Ali Imran ayat 180. "Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu adkan dikalungkan kelak di leher mereka di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Dari kisah di atas, kita mengetahui bahwa bersedekah dan mengeluarkan zakat adalah sebiah kewajiban yang diperintahkan Allah bagi hamba-Nya yang mampu. Harta yang kita miliki hanyalah warisan dan dititipkan dari Allah SWT. Oleh sebab itu, Allah memiliki nama Al-Waarits, yaitu Yang Maha Mewarisi Segala Hal.

Tidak ada komentar: