Halaman

01 Oktober 2009

Hari Ke-94, Asma ke-94: Al-Haadii'

Al-Haadii'
Maha Pemberi Petunjuk (The Guide)
"Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya Al-Qur'an itulah yang benar dari Tuhan-mu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepada-Nya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus" (Q.S. Al-Hajj[22]:54)

Allah SWT berhak memberikan petunjuk kepada siapa pun yang Dia kehendaki. Oleh karena itu, Allah SWT mempunyai nama Al-Haadii', Yang Maha Pemberi Petunjuk.

Pada suatu musim haji, Syeikh Al-Asma'i menuju kota Mekah untuk berhaji. Di tengah perjalanan, ia dihadang seorang perampok Arab Badui yang memegang pedang besar dan panah. Ternyata, perampok itu minta dibacakan salah satu ayat Al-Qur'an. Setelah dibacakan, perampok itu membuang pedang dan panahnya. Ia tampak sangat ketakutan. Perampok itu menyesali perbuatannya yang selalu mencelakakan orang lain. Ia pun berjanji akan bertaubat.

Kemudian, mantan perampok itu minta diajari shalat dan ibadah lainnya. Dengan senang hati, Syeikh Al-Asma'i mengajarinya. Ia pun kembali kepada Allah setelah bertaubat dan memohon ampunan atas semua perbuatan jahatnya. Allah SWT Maha Memberikan Petunjuk atau hidayah kepada setiap hamba yang dikehendakinya.

Tidak ada komentar: