Halaman

02 Agustus 2009

Hari Ke-34, Asma ke-34: Al-Ghofuur

Al-Ghofuur
Maha Pengampun (The All-Forgiving / The Forgiver)
"Kecuali orang-orang yang taubat, sesudah (kafir) itu dan mengadakan perbaikan karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (Q.S. Ali-Imran[3]:89)

Allah SWT akan selalu mengampuni hamba-Nya yang bertaubat dengan sungguh-sungguh. Nama Allah Yang Maha Pengampun ini disebut Al-Ghofuur.

Pada suatu hari, Umar Bin Khathab sedang berjalan berkeliling di kota Madinah. Di ujung jalan, ia bertemu dengan pemuda yang membawa botol minuman. Pemuda itu menyembunyikan botolnya di dalam kain sarung. Umar Bin Khathab bertanya, "Apa yang engkau bawa?"

Pemuda itu gugup karena takut dimarahi Umar Bin Khathab. Kemudian ia menjawab dengan berbohong, "Ini adalah madu."
 
Dalam keadaan yang berbohong, pemuda itu sebenarnya ingin bertaubat dari meminum arak. Ia menyesal karena telah melakukan perbuatan yang dilarang Allah. Pemuda itu berdoa kepada Allah SWT agar Umar tidak memeriksa isi kendinya.

Karena tidak percaya, Khalifah Umar ingin melihat isi kendi itu. Rupanya doa pemuda itu telah dikabulkan Allah SWT. Allah SWT telah mengganti isi kendi itu menjadi madu. Begitu ia berniat secara ikhlas untuk bertaubat, Allah SWT memberikan hidayah dan mengampuninya.

Tidak ada komentar: