Halaman

10 Agustus 2009

Hari Ke-42, Asma ke-42: Al-Kariim

Al-Kariim
Maha Mulia (The Generous One)
"Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia" (Q.S. An-Naml[27]:40)

Allah SWT mempunyai nama Al-Kariim, yaitu Maha Mulia. Jika ingin selalu disayangi Allah SWT, kita harus selalu berakhlak mulia. Berakhlak mulia jangan hanya jika dilihat ayah-ibu, guru, kakak, atau sahabat kita. Berbuat mulialah di mana pun dan kapan pun.

Ada seorang lelaki bernama Juraij yang berasal dari Bani Israil. Ia terkenal berakhlak mulia dan taat beribadah. Pada suatu hari, ia diuji oleh seorang pelacur yang mendatanginya. Tetapi, Juraij tidak memedulikannya.

Pelacur itu ergi bersama seorang gembala untuk melakukan hal yang dilarang agama. Akhirnya, ia hamil dan melahirkan seorang bayi. Pelacur itu mengaku bahwa bayi yang dilahirkannya adalah anak Juraij.

Para penduduk yang percaya hal itu, mendatangi Juraij. Mereka mencaci Juraij dan memukulinya. Kemudian, para penduduk merobohkan tempat ibadahnya. Juraij yang tidak tahu apa-apa dan difitnah, memilih untuk melaksanakan shalat dan berdoa.

Setelah itu, Juraij menghampiri sang bayi dan menyentuhnya. 
"Demi Allah, wahai bayi, siapakah ayahmu?
Sang bayi pun menjawab, "Aku adalah anak seorang gembala". 
Akhirnya, orang-orang meminta maaf kepada Juraij dan memuji kemuliaan akhlaknya.

Tidak ada komentar: