Halaman

14 Agustus 2009

Hari Ke-46, Asma ke-46: Al-Hakiim

Maha Bijaksana (The Wise / The Perfectly Wise)
"Jika Engkau menyiksa mereka maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" (Q.S Al-Maidah[5]:118)

Allah SWT adalah Zat Yang Maha Bijaksana. Kebijaksanaan-Nya terlihat dari bagaimana Allah mengatur semua makhluk-Nya di alam ini serta menentukan semua hukum-Nya.

Pada suatu hari, Luqman Hakim pergi ke pasar dengan menaiki seekor keledai. Sedangkan anaknya berjalan kaki dan mengikutinya dari belakang. Melihat itu, sebagian orang berkata, "Lihatlah, orang tua itu tidak berperasaan dan membiarkan anaknya berjalan kaki".

Mendengar hal itu, Luqman pun turun dari keledainya. Ia menaikkan anaknya ke atas keledai. Melihat hal demikian, sebagian orang di pasar berkata, "Lihat, orangtuanya berjalan kaki, sedangkan anaknya menaiki keledai itu. Sungguh anak yang tidak sopan".

Kemudian, Luqman naik ke atas keledai bersama dengan anaknya. Akan tetapi, sebagian orang berkata, "Lihat, ada dua orang menaiki seekor keledai, mereka sungguh telah menyiksa keledai itu".

Mendengar hal itu, Luqman dan anaknya turun dari keledai. Namun, terdengar lagi orang-orang berkata, "Orang aneh, punya keledai tidak dinaiki, malah dituntun saja".

Ketika perjalanan pulang, Luqman Hakim menasehati anaknya dengan bijaksana tentang sikap manusia dan komentar mereka. "Sesungguhnya, segala hal tidak lepas dari pendapat manusia. Bagi orang yang berakal, ia tidak akan mengambil pertimbangan kecuali hanya kepada Allah SWT. Barangsiapa mengenal kebenaran maka itulah yang menjadi pertimbangannya dalam setiap masalah".

Kemudian, Luqman Hakim berpesan kepada anaknya, "Wahai anakku, carilah rezeki yang halal supaya kamu tidak menjadi fakir. Sesungguhnya, kefakiran itu disebabkan oleh tiga hal, yaitu tipisnya keimanan tentang agamanya, lemah akalnya sehingga mudah tertipu orang, dan hilang kemuliaan hatinya. Lebih celaka lagi, dari tiga perkara itu ialah orang-orang yang suka merendahkan dan menganggap sepele sesuatu atau orang lain".

Tidak ada komentar: