Halaman

18 Agustus 2009

Hari Ke-50, Asma ke-50: Asy-Syahiid

Asy-Syahiid
Maha Menyaksikan (The Witness)
"Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Qur'an itu adalah benar. Tidakkah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?" (Q.S. Fudhilat[41]:53)

Allah SWT Maha Menyaksikan setiap perbuatan makhluk-Nya. Di akhirat kelak, Allah SWT juga akan menjadi saksi atas semua perbuatan kita di dunia.

Suatu hari, ada seorang Bani Israil yang memohon kepada seseorang untuk meminjaminya uang seribu dinar. Mereka sepakat cukup Allah SWT yang menjadi saksi peristiwa itu.

Beberapa hari kemudian, si peminjam hendak mengembalikan uangnya. Namun, ia tidak mendapatkan perahunya untuk menyebrang lautan. Rumah yang meminjaminya berada di seberang laut. kemudian, ia mengambil kayu dan melubanginya. Ke dalam kayu itu, ia masukkan uang seribu dinar beserta selembar surat. kemudian, kayu itu ia hanyutkan di laut.

Orang yang meminjam uang itu berkata, "Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa aku telah meminjam uang seribu dinar kepada si Fulan. Ia memintaku mendatangkan saksi, lalu kukatakan bahwa cukuplah Allah sebagai saksi, dan ia pun rela. Sesungguhnya, aku telah berusaha untuk mendapatkan perahu yang akan kugunakan untuk menantarkan uang ini kepadanya, namun perahu itu tidak ada. Kini, kutitipkan uang itu kepada-Mu".

Di seberang sana, orang yang meminjami uang tersebut menemukan kayu yang berisi uang. Ia membawa pulang kayu itu untuk istrinya. Ketika kayu itu dibelah, ia menemukan uang dan selembar kertas. Subhanallah, Allah SWT menyaksikan segala sesuatu dan apa-apa yang dikerjakan makhluk-Nya.

Tidak ada komentar: