Halaman

17 Agustus 2009

Hari Ke-49, Asma ke-49: Al-Baa'its

Al-Baa'its
Maha Membangkitkan (The Resurrector)
"Dan sesunguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur" (Q.S. Al-Hajj[22]:7)

Nama Allah Al-Baa'its mempunyai arti Maha Membangkitkan. Maksudnya adalah Allah membangkitkan manusia yang sudah mati dari dalam kuburnya pada Hari Kiamat untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatannya selama di dunia.

Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati. Ketika manusia mati dan dikubur, tubuhnya akan hancur. Dari jasad yang telah hancur itu, kemudian terurai kembali oleh tanah, air, dan berbagai jenis bakteri. Sebagian tubuhnya menjadi makanan untuk tumbuhan dan binatang yang ada di dalam tanah.

Pada Hari Kiamat, Allah SWT akan menghidupkan kembali orang-orang yang sudah mati. Meskipun jasad mereka telah hancur dimakan makhluk lain, bentuk manusia akan utuh dan kembali seperti semula. Kemudian, mereka akan dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk mempertanggungjawabkan perbuatan masing-masing. Allah SWT sungguh Maha Kuasa untuk membangkitkan kembali makhluk-Nya.

Tidak ada komentar: