Halaman

09 Agustus 2009

Hari Ke-41, Asma ke-41: Al-Jaliil

Al-Jaliil
Maha Luhur (The Sublime One / The Glorious)
"Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan" (Q.S. Ar-Rahman[55]:27)

Allah SWT mempunyai nama Al-Jaliil yaitu Maha Luhur. Dalam kehidupan sehari-hari, kita pun harus mempunyai sifat dan akhlak mulia serta berbudi pekerti luhur.

Ada seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang ingkar. Perempuan itu senantiasa membaca Basmalah saat hendak berbicara dan setiap mengerjakan sesuatu. Suaminya tidak suka dengan sikap istrinya itu dan selalu mengejek.

Suaminya berkata sambil mengejek, "Sedikit-sedikit bismillah, sedikit-sedikit bismillah." Istrinya hanya diam dan berdoa kepada Allah SWT agar suaminya diberi hidayah.

Suatu hari, suaminya memberi uang kepada istrinya. "Simpanlah uang ini dengan baik", katanya. Istrinya mengambil uang itu dan menyimpannya di tempat yang man. Namun, suaminya mengintip sehingga ia tahu tempat penyimpanan uang itu. Kemudian, dengan sembunyi-sembunyi, suaminya mengambil uang itu.

Beberapa hari kemudian, suaminya memanggil istrinya dan berkata, "Ambilkan uang itu". Istrinya pun pergi mengambilnya sambil diiukuti suaminya. Dengan hati-hati, ia menghampiri tempat penyimpanan uang itu. Lalu, ia membukanya dengan mambaca basmallah. Ketika itu, Allah SWT mengirim Malaikat Jibril untuk mengembalikan uang yang telah diambil suaminya. Atas izin Allah SWT, uang itu tetap utuh. Lalu ia menyerahkan uang itu kepada suaminya.

Suaminya sangat terkejut dan merasa sangat bersalah. ia pun mengakui semua perbuatannya. Akhirnya, ia bertaubat dan mulai mengerjakan perintah Allah SWT.

Perilaku sang istri tersebut sangat luhur dan mulia. Allah sangat mencintai hamba-Nya yang mempunyai sifat demikian.

Tidak ada komentar: