Halaman

30 Agustus 2009

Hari Ke-62, Asma ke-62: Al-Hayy

Al-Hayy
Maha Hidup (The Alive)
"Dan tunduklah semua muka (dengan berendah diri) kepada Yang Hidup, Kekal lagi mengurus (makhluk-Nya). Dan sesungguhnya telah merugilah orang yang telah melakukan kezaliman" (Q.S. Thaha [20]:111)

Allah SWT akan selalu hidup. Jika manusia mengalami kelahiran dan kematian maka Allah tidak mengalami awal dan akhir kehidupan ini. Allah hidup kekal untuk selamanya. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Hayy atau Maha Hidup.

Rasulullah SAW menceritakan bahwa dahulu ada sekelompok Bani Israil yang pergi menuju sebuah kuburan. Seorang dari mereka mengusulkan untuk melaksanakan shalat dua rakaat, kemudian berdoa kepada Allah SWT agar menghidupkan dan mengeluarkan seseorang yang telah mati dari kuburan itu.

Mereka melakukan hal itu untuk menanyakan peristiwa kematian kepada sang mayat. Tujuannya agar ilmu dan iman mereka bertambah. Kemudian, Allah SWT mengabulkan doa mereka. Mayat itu melongokkan kepalanya dari dalam kubur.

Lalu, mayat itu berkata, "Apa yang kalian inginkan dariku?" Mereka pun bertanya tentang kematian. Mayat itu bercerita bahwa dirinya telah mati seratus tahun yang lalu. Mayat itu meminta kepada mereka agar berdoa kepada Allah Yang Maha Hidup supaya mengembalikan seperti semula karena pedihnya kematian.

Tidak ada komentar: