Halaman

08 Agustus 2009

Hari Ke-40, Asma ke-40: Al-Hasiib

Al-Hasiib
Maha Pembuat Perhitungan (The Auditor)
"(Yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada merasa takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pembuat Perhitungan" (Q.S. Al-Azhab[33]:39)

Allah SWT selalu membuat perhitungan terhadap apa yang telah diperbuat hamba-Nya. Puncak perhitungan amal perbuatan kita adalah di akhirat kelak. Karena Allah selalu menghitung setiap amal perbuatan kita, maka Allah SWT pantas memiliki nama Al-Hasiib.

Ada seorang Arab Badui yang selalu berzikir kepada Allah di dekat Ka'bah. Saking seringnya berzikir di sana, ia mengenali wajah Rasulullah SAW yang sebelumnya ia tidak tahu.

Suatu hari, Malaikat Jibril turun membawa berita dari langit. "Yaa Muhammad, katakanlah kepada orang Arab itu, agar tidak terpesona dengan belas kasih Allah. Ketahuilah bahwa Allah akan menghisab dan memperhitungkannya pada Hari Kiamat. Semua amalnya akan ditimbang".

Rasulullah menyampaikan kepada si Arab Badui itu. Kemudian, si Arab badui itu menjawab, "Demi keagungan serta kemuliaan-Nya, jika Allah akan membuat perhitungan atas amalan hamba, maka hamba pun akan membuat perhitungan dengan-Nya".

"Apakah yang akan engkau perhitungkan dengan Allah?" tanya Rasulullah.

"Jika Allah akan memperhitungkan dosa-dosaku, maka aku akan memperhitungkan betapa besar karunia-Nya. Jika Allah memperhitungkan kemaksiatan, aku akan memperhitungkan betapa luas pengampunan-Nya. Jika Allah memperhitungkan kekikiran, aku akan memperhitungkan betapa Maha Pemurahnya Allah SWT".

Mendengar ucapan orang Arab Badui itu, Rasulullah SAW menangis. 

Karena tangisan Rasulullah, Malaikat Jibril turun lagi dan berkata, "Yaa Muhammad, berhentilah menangis. Sungguh, karena tangismu, penjaga Arsy lupa bacaan tasbih, tahmid dan salawat sehingga Ia bergoncang. Katakan kepada orang Arab Badui itu bahwa Allah tak akan menghisab dirinya dan tidak akan memperhitungkan kesalahannya. Allah sudah mengampuni semua kesalahannya dan ia akan menjadi temanmu di surga".

Tidak ada komentar: