Halaman

25 Agustus 2009

Hari Ke-57, Asma ke-57: Al-Muhshi

Al-Muhshi
Maha Menghitung (The Reckoner)
"Sesungguhnya, Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti" (Q.S. Maryam[19]:94)

Allah SWT menghitung semua amal perbuatan manusia. Amal baik akan dibalas dengan surga, sedangkan amal buruk akan dibalas dengan neraka sebagai imbalan yang setimpal. Hitungan Allah sangat tepat dan tidak mungkin salah. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Muhshi yang berarti Maha Menghitung.

Ketika kita bersedekah, membaca Al-Qur'an, atau berbakti kepada orangtua, malaikat senantiasa menghitung amal perbuatan kita. Allah SWT mengutus Malaikat Raqib untuk mencatat amal dan perbuatan baik kita.

Jika kita membantah orangtua, sombong, meninggalkan shalat lima waktu, tidak berpuasa di bulan Ramadhan, hal itu akan menambah hitungan perbuatan buruk dan dosa kita. Allah SWT mengutus Malaikat Atid untuk mencatat perbuatan buruk kita.

Oleh karena itu, Allah SWT tidak akan salah menghitung setiap perbuatan kita, baik amal saleh ataupun dosa yang kita lakukan. Perbanyaklah berbuat baik agar hitungan amal kita bertambah sebagai tabungan di akhirat.

Tidak ada komentar: