Halaman

24 Agustus 2009

Hari Ke-56, Asma ke-56: Al-Hamiid

Al-Hamiid
Maha Terpuji (The Praiseworthy)
"Dan kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan yang di bumi, dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kami dan (juga) kepada kamu; bertaqwalah kepada Allah. Tetapi jika kamu kafir maka (ketahuilah), sesungguhnya apa yang di langit dan apa yang di bumi hanyalah kepunyaan Allah dan Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (Q.S. An-Nisa'[4]:131)

Al-Hamiid berarti Maha Terpuji. Pujian memang hanya pantas diberikan kepada Allah SWT. Kalau kita dipuji oleh orang lain, ucapkanlah hamdallah dan bersyukur kepad Allah karena hanya Allah-lah yang pantas menerima pujian.

Sesungguhnya apa-apa yang ada di langit dan di bumi, mereka semuanya bertasbih dan memuji Allah. Sebagaimana disebutkan di dalam Al-Qur'an: "Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun" (Q.S. Al-Isra'[17]:44)

Selain itu, para malaikat pun bertasbih dan memuji Allah. Kita semua diperintahkan untuk senantiasa bertasbih dan memuji-Nya, baik di waktu pagi maupun petang. Dengan memperbanyak bertasbih dan memuji Allah, kita akan senantiasa mendapatkan rahmat dan ampunan dari-Nya. Hati kita juga akan tenang dan damai. Selain itu, Allah akan mempermudah setiap urusan dan rezeki kita.

Tidak ada komentar: