Halaman

07 Agustus 2009

Hari Ke-39, Asma ke-39: Al-Muqiit

Al-Muqiit
Maha Pemelihara (The Maintener)
"Barangsiapa yang memberikan syafa'at yang baik, niscaya ia akan memperoleh bagian (pahala) dari padanya. Dan barangsiapa yang memberikan syafa'at yang buruk, biscaya ia akan memikul bagian (dosa) dari padanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu" (Q.S. An-Nisa'[4]:85)

Allah SWT mempunyai nama Al-Muqiit, yaitu Maha Mengawal hamba-Nya. Allah selalu mengawal mereka yang beriman kepada-Nya. Oleh karena itulah Allah mempunyai nama Al-Muqiit.

Pada suatu hari, Uqa'il bin Abi Thalib pergi bersama Nabi Muhammad SAW. Ia bercerita saat itu ia merasa haus, dan tidak menemukan satu sumur pun di sana. Rasulullah SAW pun berkata kepada Uqa'il, "Hai Uqa'il, dakilah gunung itu, dan sampaikan salamku kepadanya serta katakan, jika padamu ada air, berilah aku minum".

Uqa'il lalu pergi untuk mendaki gunung itu untuk melakukan perintah Rasul. Namun, sebelum ia selesai berbicara, gunung itu berkata, "Katakanlah kepada Rasulullah bahwa sejak Allah SWT menurunkan ayat yang berbunyi, 'Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu beserta keluargamu dari (siksa) api neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu'. aku menangis karena takut kalau aku menjadi batu itu maka tidak ada lagi air padaku".

Allah SWT selalu mengawal hamba-Nya yang selalu melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Allah akan mengawal kita di mana pun dan kapan pun. Kita dapat terhindar dari marabahaya jika kita selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, biasakanlah berdoa sebelum bepergian ke mana pun agar Alah Yang Maha Mengawal selalu melindungi kita.

Tidak ada komentar: