Halaman

03 Agustus 2009

Hari Ke-35, Asma ke-35: Asy-Syakuur

Asy-Syakuur
Maha Mensyukuri / Menerima Syukur (The Appreciative / The Rewarder of Thenkfulness)
"Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Menyukuri" (Q.S. Fathir[35]:30)

Jika kita selalu bersyukur atas semua pemberian dan karunia Allah SWT, nikmat yang kita terima akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Dia adalah Maha Penerima syukur hamba-hamba-Nya.

Suatu hari, ada seorang miskin yang datang menghadapi Nabi Musa AS. Pakaiannya compang-camping dan sangat lusuh.

"Yaa Nabi, tolong sampaikan kepada Allah SWT permohonanku ini agar Dia menjadikan aku orang yang kaya", pinta si miskin.

Nabi Musa AS tersenyum dan berkata kepada orang itu, "Saudaraku, perbanyaklah bersyukur kepada Allah SWT".

Si miskin terkejut dan kesal, "Bagaimana aku bersyukur, sedangkan makan saja jarang. Selain itu, pakaian yang aku punya hanya ini!".

Akhirnya si miskin itu pulang. Tak lama berselang, seorang kaya datang menghadap Nabi Musa AS. Ia berkata kepada Nabi Musa AS, "Wahai Nabi, tolong sampaikan kepada Allah SWT permohonanku ini agar aku menjadi seorang yang miskin. Terkadang, aku merasa tergangu dengan hartaku".

Nabi Musa AS pun tersenyum, lalu berkata, "Wahai Saudaraku, bersyukurlah kepada Allah SWT".

Akhirnya, si kaya pun pulang ke rumahnya dan bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepadanya. Beberapa hari kemudian, si kaya mengeluarkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada kaum miskin. Itu dilakukannya hampir setiap hari, sampai disadarinya bahwa hartanya semakin bertambah banyak walaupun si kaya mengeluarkannya. Sedangkan si miskin semakin bertambah miskin. Begitulah Allah SWT berkehendak memberi rezeki kepada setiap hamba-Nya, dan tugas kita adalah selalu bersyukur dalam keadaan apa pun.

Tidak ada komentar: