Halaman

11 Juli 2009

Hari Ke-12, Asma ke-12: Al-Baari'

Al-Baari'
Maha Menata / Menciptakan dati Tiada (The Evolver / The Maker of Order)
"Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-nama Yang Paling Baik. Bertasbihlah kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Bijaksana" (Q.S. Al-Hasyr[59]:24)

Allah SWT mengatur semua makhluk-Nya dengan sangat serasi dan sempurna. Semua ciptaan Allah SWT saling membutuhkan satu sama lainnya. Semua yang ada di alam semesta ini asalnya tidak ada, Allah-lah Yang Maha Menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada.


Allah SWT menciptakan alam semesta dan segala isinya berdasarkan ukuran masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan makhluk-Nya. Matahari, bulan, bumi, planet, dan yang lainnya diciptakan Allah SWT disesuaikan besar dan jaraknya.

Seandainya Allah menempatkan matahari lebih dekat dari planet bumi atau lebih besar ukurannya, bumi akan terpanggang oleh panasnya. Dengan demiikian, tidak ada makhluk yang bisa hidup di bumi ini. Begitupun sebaliknya, apabila matahari diciptakan Allah SWT dengan jarak lebih jauh dari bumi atai diciptakan lebih kecil. bumi juga akan membeku. Hal ini mengakibatkan tidak ada satu makhluk hidup yang bisa bertahan hidup di bumi.

Subhanallah, Allah SWT telah menciptakan seluruh ciptaan-Nya di alam semesta ini dengan penuh keserasian. Allah SWT menciptakan semua dari ketiadaan atau tanpa menggunakan contoh. Oleh karena itu, Allah SWT memiliki nama Al-Barri', yaitu Maha Menciptakan dari ketiadaan.

Tidak ada komentar: