Halaman

15 Juli 2009

Hari Ke-16, Asma ke-16: Al-Wahhab

Al-Wahhaab
Maha Penganugerah / Maha Pemberi (The Bestower / The Giver Of All)
"(Mereka berdoa), 'Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)'." (Q.S. Ali-Imran[3]:8)

Allah SWT Maha Pemberi sesuai dengan nama-Nya, Al-Wahhaab. Allah SWT telah memberikan mata kepada kita untuk melihat. Memberikan telinga untuk mendengar. Memberikan mulut untuk berbicara, dan pemberian lainnya yang tidak terhitung. Semua itu harus kita syukuri.


Dalam sebuah kisah, Nabi Muhammad SAW sedang pergi ke pasar dengan membawa uang sebanyak delapan dirham. Beliau akan membeli sehelai kain. Di tengah jalan, Rasulullah bertemu dengan seorang budak perempuan yang sedang menangis. Gadis itu tidak berani pulang karena takut dimarahi oleh tuannya, karena telah menghilangkan uang sebanyak dua dirham. Akhirnya, Rasulullah memberikan uang dua dirham kepada budak itu.

Dengan sissa uang enam dirham, Rasulullah membeli kain sarung seharga empat dirham. Ketika pulang, Rasulullah bertemu dengan seorang bapak tua yang memakai kain compang-camping, hingga terlihat senagian auratnya. Rasulullah pun memberikan kain sarung yang baru dibelinya kepada orang tua itu. Kemudian, beliau kembali ke pasar dengan sisa uang dua dirham, dan membeli sarung dengan harga lebih murah.

Sungguh dermawan sikap Rasulullah SAW. Kita juga harus memiliki sifat pemberi, terutama kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan. Sebagaimana Allah memberikan karunia kepada setiap makhluk-Nya. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Wahhaab, yaitu Maha Pemberi

Tidak ada komentar: