Halaman

25 Juli 2009

Hari Ke-26, Asma ke-26: As-Samii'

As-Samii'
Maha Mendengar (The All-Hearing)
"(Ingatlah) ketika istri Imran berkata, 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, anak yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar itu) dariku. Sesungguhnya, Engkau-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui'." (Q.S. Ali-Imran[3]:35)

Jika kita berbicara pelan-pelan atau berbisik, atau pun berbicara dalam hati, Allah tetap akan mendengarnya. Sebab Allah SWT Maha Mendengar segalanya sesuai dengan Namanya As-Samii'.

Imran dan istrinya sangat ingin mempunyai anak. Setiap saat, pasangan ini berdoa agar Allah SWT memberikan karunia kepada mereka seorang anak laki-laki. Imran bernazar jika anaknya lahir, anaknya akan mengabdi kepada Allah dan senantiasa menjaga rumah ibadah mereka.

Allah SWT Yang Maha Mendengar menabulkan doa mereka. Istri Imran melahirkan seorang anak perempuan. Mereka terkejut karena yang lahir bukanlah anak laki-laki.
"Maka ketika melahirkannya, dia (Istri Imran) berkata, 'Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan'. Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. 'Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk'." (Q.S. Ali Imran[3]:36)
Meski begitu, mereka tetap bersyukur dan tetap menjalankan nazarnya untuk menjadikan anak mereka taat beribadah kepada Allah SWT.
Kisah tersebut menggambarkan bahwa Allah SWT Maha Mendengar. Doa yang telah kita ucapkan dan yang kita bisikkan selalu didengar oleh Allah SWT. Oleh karena itu, rajinlah berdoa agar Allah SWT mengabulkan doa kita.

Tidak ada komentar: