Halaman

12 Juli 2009

Hari Ke-13, Asma ke-13: Al-Mushowwir

Al-Mushowwir
Maha Melukis / Membuat Bentuk (The Fashioner / The Shaper of Beauty)
"Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-nama Yang Paling Baik. Bertasbihlah kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Bijaksana" (Q.S. Al-Hasyr[59]:24)

Allah SWT memiliki nama Al-Mushowwir karena Dia Maha Pembuat Segala Sesuatu dalam bentuk yang unik, indah, dan sempurna. Semua yang ada di alam semesta ini mempunyai bentuk dan ciri masing-masing. Bentuk manusia pasti berbeda dengan bentuk tumbuhan, hewanm atau makhluk lainnya. Lebih khususnya, setiap manusia pasti berbeda bentuknya dengan manusia lainnya. Wajah kita, tubuh kita, tidak akan sama persis dengan orang lain. Kalau pun ada yang mirip, tidak akan sama persis.


Allah SWT memciptakan manusia dari sari pati tanah. Melalui zat-zat yang terdapat di dalamnya, kemudian membentuk sel sperma yang terdapat pada laki-laki dan ovum yang terdapat pada perempuan. Setelah bertemu antara sperma dan ovum maka terjadilah pembuahan. Kemudian, Allah SWT membentuk segumpal darah. Darah tersebut selanjutnya membentuk segumpal daging. Lalu, Allah menciptakan tulang yang dibungkus dengan daging. Akhirnya, terbentuklah embrio (janin) manusia.

Ketika berada di dalam kandungan, embrio ini dibentuk menjadi jasad manusia yang sempurna, memiliki tangan, kaki, kepala, hidung, mata, telinga, dan anggota tubuh lainnya. Setelah itu, Allah SWT meniupkan ruh ke dalam tubuh manusia.

Demikianlah, Allah SWT menciptakan manusia dengan beberapa tahapan. Proses tersebut tidak akan mampu dilakukan oleh siap pun, kecuali Allah SWT. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Mushowwir, yaitu Maha Pembuat Segala Bentuk.

Tidak ada komentar: