Halaman

07 Juli 2009

Hari Ke-8, Asma ke-8: Al-'Aziiz

Al-'Aziiz
Maha Gagah / Maha Kuat (The Mighty & Strong)
"Maka tatkala datang azab Kami, Kami selamatkan Saleh beserta orang-orang yang beriman bersama dia dengan rahmat dari Kami dan dari kehinaan di hari itu. Sesungguhnya Tuhanmu Dia-lah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa" (Q.S. Hud[11]:66)

Allah SWT Maha Gagah, tak ada satu pun kekuatan yang dapat mengalahkan-Nya. Tak ada kekuatan di alam ini yang mampu menghalangi kehendak-Nya. Walaupun kekuatan Allah SWT mengalahkan segalanya, Dia tidak tergesa-gesa menghukum hamba-Nya yang telah berbuat berbuat dosa.
Mukzizat Nabi Saleh AS
Allah SWT telah melimpahkan kenikmatan kepada Kaum Tsamud dengan memberikan tanah yang subur dan berlimpah hasil alam. Namun mereka ingkar dan durhaka karena lebih memilih menyembah berhala. Mereka juga berbuat kerusakan di muka bumi. Kemudian, Allah SWT mengutus Nabi Saleh AS untuk mengajak mereka menyembah dan beribadat kepada Allah SWT. Namun mereka selalu menentang ajaran Nabi Saleh AS. Mereka pun meminta diperlihatkan mukzizat kenabian Nabi Saleh AS.
Kemudian, Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Saleh AS. Mukjizatnya adalah mengeluarkan seekor unta betima yang besar dari sebuah batu.
Nabi Saleh AS berpesan kepada kaumnya, "Inilah mukjizat dari Tuhanku. Unta ini boleh kalian peras susunya setiap hari. Susunya tidak akan habis-habis. Tetapi, jangan ada yang mengganggunya. Unta ini berhak meminum air di sumur, bergantiaan dengan hewan ternak penduduk. Jika hari ini unta minum, penduduk jangan ada yang mengambil air dari sumur. Keesokan harinya, kalian boleh mengambil air sumur dan unta ini tidak minum air sedikit pun".
Akan tetapi, keberadaan unta yang membawa berkah air susu ini membuat orang-orang kafir menjadi iri kepada Nabi Saleh AS. Mereka merencanakan membunuh unta tersebut. Setelah membunuh unta itu, mereka berencana membunuh Nabi Saleh AS. Namun, sebelum itu terjadi, Allah SWT telah menurunkan azab yang sangat mengerikan berupa petir menggelegar yang membelah angkasa.
Allah SWT telah membuktikan betapa Ia Maha Gagah dengan memberikan hukuman bagi orang yang menentang-Nya. Oleh karena itu, Alah SWT memeiliki nama Al-'Aziiz yang artinya Maha Gagah.

Tidak ada komentar: