Halaman

30 Juli 2009

Hari Ke-31, Asma ke-31: Al-Khobiir

Al-Khobiir
Maha Mengetahui / Maha Waspada (The All-Aware)
"Dan Dia-lah Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui" (Q.S. Al-An'am[6]:18)

Allah SWT mempunyai nama Al-Khobiir yang berarti Maha Mengetahui. Allah SWT mengetahui setiap apa yang kita kerjakan, baik dan buruk, terlihat orang lain atau tidak. Allah SWT tetap mengawasi perilaku makhluk-Nya. Oleh karena itu, kita jangan berbohong, karena Allah pasti mengetahui kebohongan itu.

Nabi Yusuf AS deberikan karunia wajah yang sangat tampan sehingga membuat Zulaikha, ibu angkatnya menyukai Nabi Yusuf AS. Ketampanan Nabi Yusuf AS membuat Zulaikha tergoda oleh bisikan setan. Zulaikha mulai berusaha menarik perhatian Nabi Yusuf AS. Nabi Yusuf AS menyadari bahwa ibu angkatnya itu telah tergoda bisikan setan.

"Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan", kata Nabi Yusuf AS tegas menolak Zulaikha untuk berbuat buruk.

"Ingatlah, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang diperbuat hamba-Nya", kata Nabi Yusuf AS.

Melihat sikap Nabi Yusuf AS seperti itu, Zulaikha amat marah. Nabi Yusuf AS lari ke luar kamar. Zulaikha mengejarnya dan menarik bajunya dari belakang hingga sobek. Karena peristiwa itu, Nabi Yusuf AS difitnah Zulaikha dan masuk penjara.

Nabi Yusuf AS justru bersyukur berada dalam penjara. Karena itu, ia bisa menghindari Zulaikha. Nabi Yusuf AS yakin Allah SWT akan selalu mengetahui perbuatan makhluk-Nya seperti salah satu nama-Nya, Al-Khobiir yang berarti Maha Mengetahui.

Tidak ada komentar: