Halaman

17 Juli 2009

Hari Ke-18, Asma ke-18: Al-Fattah

Al-Fattaah
Maha Membuka (The Opener)
"Katakanlah, 'Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui." (Q.S. Sa'ba[34]:26)

Allah SWT Yang Membolak-balik hati manusia. Oleh karena itu, Allah SWT mempunyai nama Al-Fattaah, Maha Pembuka (Hati). Jika Allah SWT berkehendak, seorang penjahat akan dibukakan hatinya untuk bertaubat.



Sebagai contoh, pada zaman jahiliyah, Umar Bin Khathab yang belum masuk Islam merupakan orang yang sangat membenci dan memusuhi Rasulullah SAW. Apalagi saat mengetahui adik perempuannya telah memeluk Islam. Pada suatu hari, Umar berniat membunuh Rasulullah SAW. Ketika hendak pergi, Umar mendengar adik perempuannya membaca Al-Qur'an. Mendengar lantunan ayat suci Al-Qur'an, hati Umar bergetar. Tanpa sadar, ia menangis mendengar lantunan bacaan indah adiknya.

Akhirnya, ia memutuskan untuk masuk Islam. Niar Umar yang menemui Rasulullah SAW untuk membunuh, berubah menjadi keinginan untuk mengucapkan syahadat di hadapan Rasulullah SAW.

Allah-lah yang telah memberikan hidayah kepada Umar. Mudah bagi Allah SWT untuk membukakan hati hamba yang disayangi-Nya. Seburuk apa pun hamban-Nya, jika Allah SWT bukakan hatinya, ia akan bertaubat.

Tidak ada komentar: