Halaman

04 Juli 2009

Hari Ke-5, Asma ke-5: As-Salaam

As-Salaam
Maha Pemberi Keselamatan / Kedamaian (The Source of Peace)
"Dia-lah Allah, tiada Ilah (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Mensejahterakan, Yang Maha Memelihara Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memliki Segala Keagungan. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan" (Q.S. Al-Hasyr[59]:23)

As-Salaam artinya Maha Pemberi Keselamatan / Kedamaian. Ya, Allah SWT senantiasa melindungi hamba-Nya dan Maha Pemberi Keselamatan. Oleh karena itu Allah SWT memiliki sifat As-Salaam.

Kisah Rasulullah SAW diselamatkan dari pembunuhan
Suatu hari, Rasulullah SAW dan kaum Muslimin akan berhijrah ke Madinah. Hal tersebut diketahui oleh orang-orang kafir Quraisy sehingga mereka mempunyai rencana jahat kepada Rasulullah SAW. Namun, Allah SWT Yang Maha Pemberi Keselamatan akan selalu melindungi Rasulullah SAW dan pengikutnya. Ketika Rasulullah SAW berada di rumahnya bersama Ali Bin Albi Thalib untuk mempersiapkan keberangkatan ke Madinah, orang-orang kafir Quraisy sudah mengepung rumah beliau. Allah SWT memberikan rasa kantuk yang hebat kepada para kafir Quraisy sehingga mereka pun tertidur.
Sementara itu, Ali Bin Abi Thalib diperintahkan Rasulullah SAW untuk tidur dan menutupi tubuhnya dengan selimut. Rasulullah keluar dari rumahnya dengan selamat dan melanjutkan perjalanannya ke Madinah. Ketika orang-orang Quraisy terbangun, mereka pun terkejut karena telah tertidur.
Mereka segera menerobos masuk ke dalam rumah Rasulullah SAW untuk menangkap beliau. Namun, mereka mendapati bahwa orang yang sedang tidur di balik selimut itu bukanlah Rasulullah SAW, melainkan Ali Bin Abi Thalib. Mereka baru sadar bahwa Rasulullah SAW telah keluar dan pergi dari rumahnya tanpa sepengetahuan mereka. Akhirnya, mereka pun gagal membunuh Rasulullah SAW.
Dari kisah di atas, Rasulullah SAW telah diselamatkan Allah SWT dari pembunuhan yang direncanakan para kafir Quraisy. Allah SWT-lah Maha Pemberi Keselamatan dan Kesejahteraan bagi Rasulullah dan pengikutnya.

Tidak ada komentar: