Halaman

04 September 2009

Hari Ke-67, Asma ke-67: Al-Ahaad

Al-Ahaad
Maha Esa (The One)
"Katakanlah, 'Dia-lah Allah Yang Maha Esa'" (Q.S. Al-Ikhlas[112]:1)

Al-Ahad artinya adalah tunggal atau satu. Tidak ada yang bisa menggantikan kedudukan Allah SWT. Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan, pencipta alam semesta ini. Allah Maha Esa dalam Dzat-Nya, sifat-sifat-Nya, dan dalam segalanya.

Bilal adalah seorang hamba sahaya berkulit hitam. Ia seorang muadzin (orang yang mengumandangkan adzan) pada zaman Rasulullah SAW. Ketika masuk Islam, ia ditangkap oleh tuannya yang masih kafir. Kemudian, tubuhnya ditelentangkan di atas padang pasir sambil ditindihkan dengan batu yang sangat besar. Tubuhnya dijemur di bawah sinar matahari yang sangat terik.

Tuannya mengatakan, "Engkau akan terus begini hingga mati atau engkau masih mau hidup tetapi dengan syarat tidak beragama Islam?" Namun, Bilal malah mengucapkan "Ahad... Ahad... " Arti Ahad adalah Allah Maha Esa. Bial terus mengulang ucapannya hingga hampir pingsan menahan penyiksaan itu.

Ketabahan dan kekuatan iman Bilal benar-benar kuat. Meskipun Bilal mendapatkan siksaan yang sangat berat, ia tetap teguh memegang agama Islam yang baru dipeluknya itu.

Hingga akhirnya, datanglah Abu Bakar menemuinya, dan membelinya dengan harga setara lima ons emas. kemudian, Abu Bakar memerdekakannya. Bilal pun bebas dari tekanan dan siksaan tuannya.

Tidak ada komentar: