Halaman

19 September 2009

Hari Ke-82, Asma ke-82: Al-'Afuww

Al-'Afuww
Maha Pemaaf (The Pardoner)
"Mereka itu, mudah-mudahan Allah memaafkannya. Dan adalah Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun" (Q.S. An-Nisa'[4]:99)

Arti Al-'Afuww adalah Maha Pemaaf. Maksudnya adalah Allah SWT Maha Pemaaf kepada hamba-Nya yang bertaubat. Allah akan memaafkan hamba-hamba-Nya jika mereka memohon ampun dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian, Allah SWT mempunyai nama Al-'Afuww.


Salman Al-Farisi adalah salah satu seorang sahabat Rasulullah SAW. Ia berasal dari negeri Persia. Pada masa hidupnya, Salman pernah menjadi gubernur. Meskipun demikian, ia dikenal sebagai seorang yang sopan, rendah hati, dan sederhana.

Pada suatu hari, salah seorang rakyatnya menarik tangannya dengan kasar, dan menyuruhnya mengangkat sebuah karung besar. Orang itu ternyata tidak mengenali Salman sebagai pemimpinnya.

Di tengah perjalanan, seorang lelaki memberi salam kepada orang itu. Namun, alangkah terkejutnya ia ketika melihat Salman memikul karung besar. Ia pub berkata, "Wahai tuan, tahukan kamu bahwa orang yang memikul karung itu adalah Salman Al-Farisi, pemimpin negeri kita?" Lelaki itu sungguh terkejut mendengarnya.

Ia pun meminta maaf, dan meminta Salman untuk menurunkan karung yang sedang dipikulnya. Tetapi, Salman menjawab, "Tidak apa-apa tuan. Biarlah aku memikulnya sampai ke rumah tuan."

Demikianlah ketinggian budi pekerti Salman Al-Farisi. Ia tidak membedakan kedudukannya sebagai seorang pemimpin dengan rakyatnya. Ia juga menerima maaf atas ketidaktahuan rakyatnya itu. Sebagai manusia, kita wajib menerima maaf dari orang lain. Sebab Allah juga Maha Pemaaf bagi hamba-hamba-Nya yang mau bertaubat.

Tidak ada komentar: