Halaman

08 September 2009

Hari Ke-71, Asma ke-71: Al-Muqaddim

Al-Muqaddim
Maha Mendahulukan (The Expediter)
"Supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosa yang telah lalu dan akan datang serta meyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus" (Q.S. Al-Fath[48]:2)

Arti Al-Muqoddim adalah Maha Mendahulukan. Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Mendahulukan. Tidak ada yang lebih dahulu ada sebelum Dia. Allah SWT sudah ada sebelum alam semesta dan isinya ini ada.

Nabi Idris AS sangat pandai. Ia selalu mengamati keadaan lingkungannya. Setiap kali ia melihat sesuatu, ia berucap, "Ini adalah kekuasaan Allah. Allah menciptakan benda-benda di angkasa ini pasti bisa dipelajari oleh manusia" Selama hidupnya, Nabi Idris terus belajar dan rajin mengamati tanda-tanda di alam.

Tanpa kenal menyerah, ia mempelajari ilmu bintang dan bulan, atau sering disebut ilmu falak. Usahanya tidak sia-sia. Setelah lama belajar, Nabi Idris AS menemukan ilmu-ilmu baru yang belum pernah diketahui orang lain. Oleh karena itu, Nabi Idris AS dikenal sebagai orang pertama yang menemukan Ilmu Falak dan Astrologi.

Itulah bukti bahwa Allah SWT Maha Mendahulukan. Sebelum manusia mengganti ilmu pengetahuan, Allah SWT telah terlebih dahulu mengetahui ilmu pengetahuan tersebut. Semua ilmu pengetahuan dapat kita gali dan pelajari dari Al-Qur'an.

Tidak ada komentar: