Halaman

16 September 2009

Hari Ke-79, Asma ke-79: Al-Barr

Al-Barr
Maha Pembawa Kebaikan (Source of All Goodness)
"Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dia-lah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang" (Q.S. Ath-Thur[52]:28)

Allah SWT memiliki nama Al-Barr. Al-Barr mempunyai arti bahwa Allah Maha Baik, dan melimpahkan kebaikan kepada semua hamba-Nya tanpa terkecuali, baik bagi yang beriman kepada-Nya maupun yang tidak.

Zainab binti Jahsy adalah salah satu istri Rasulullah SAW. Ia seorang wanita berhati lembut dan penuh kasih sayang. Zainab senang sekali memberi sedekah, terutama kepada anak yatim.

Rasulullah pernah berkata kepada istrinya bahwa yang paling dahulu menyusul beliau adalah orang yang paling mulia tangannya. Maksudnya adalah orang yang banyak bersedekah.

Tak ada orang yang bisa mengalahkan kedermawanan Zainab dalam memberikan sedekah. Harta yang disedekahkan Zainab berasal dari keahliannya. Ia bisa menyamak kulit, memintal serta menenun kain sutra. Hasil keahliannya itu kemudian dijual, dan uangnya akan ia sedekahkan. Hal itulah yang membuat ia bersedekah lebih banyak daripada orang lain.

Setelah Rasulullah SAW wafat, Zainab memperbanyak usahanya agar bisa bersedekah lebih banyak lagi. Ketika Zainab mendapat bagian harta dari Baitul Mal, ia berdoa, "Ya Allah, janganlah harta ini menjadi penyebab fitnah." Zainab pun kemudian membagian uang dari Baitul Mal itu kepada yatim piatu dan fakir miskin.

Mendengar hal itu, Khalifah Umar mengirimkan lagi sumbangan harta dari Baitul Mal. Lagi-lagi, ia memberikan uang itu kepada orang-orang yang membutuhkan.

Itulah bukti Maha Baiknya Allah. Meski sebanyak apa pun harta yang disedekahkan oleh Zainab, ia tidak pernah kekurangan, bahkan selalu ditambahkan rezeki oleh Allah.

Tidak ada komentar: