Halaman

20 September 2009

Hari Ke-83, Asma ke-83: Ar-Ro'uuf

Ar-Ro'uuf
Maha Pemancar Kasih Sayang / Maha Penyantun (The Compassionate / The Kind)
"Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya" (Q.S. Al-Baqarah[2]:207)

Allah SWT mempunyai nama Ar-Ro'uuf. maksudnya adalah Allah Penyantun kepada hamba-Nya yang beriman. Karena santunannya, Allah memberi berbagai nikmat untuk kita semua dan memberi pahala surga bagi hamba-hamba-Nya yang beriman kelak di akhirat.

Pada zaman Nabi Musa AS, ada seorang yang suka melakukan kejahatan. Penduduk negeri tersebut tidak mampu lagi mencegah perbuatannya. Akhirnya, mereka berdoa kepada Allah. Kemudia, Allah SWT mewahyukan kepada Nabi Musa untuk mengusir pemuda itu dari negerinya, agar penduduknya tidak ditimpa bencana. Pemuda itu pun pergi dari kampungnya.

Hingga sampailah ia di suatu tempat yang luas dan tidak ada satu pun makhluk hidup di sana. Bebera[a hari kemudian, pemuda itu jatuh sakit. Ia berkata, "Ya Allah, janganlah Kau putuskan aku dari rahmat-Mu. Sesungguhnya, Engkau Maha Berkuasa terhadap sesuatu." Setelah berkata demikian, pemuda itu meninggal dunia.

Allah SWT mengirim wahyu kepada Nabi Musa. Allah berkata "Pergilah engkau ke tanah lapang, di sana ada seorang wali-Ku yang telah meninggal. Mandikan, kafankan, dan shalatkan dia".

Setiba di sana, Nabi Musa mendapati orang yang meninggal itu adalah pemuda yang pernah diusirnya. Allah memberi belas kasih-Nya kepada pemuda yang telah bertaubat itu karena rintihan sakitnya dan rasa sepinya karena jauh dari keluarganya. Allah Maha Penyantun terhadap hamba-Nya.

Tidak ada komentar: