Halaman

05 September 2009

Hari Ke-68, Asma ke-68: Ash-Shomad

Ash-Shomad
Maha Bergantung Semua Makhluk (The Eternal)
"Allah adalah Ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan" (Q.S. Al-Ikhlas[112]:2)

Arti Ash-Shomad adalah Tempat Bergantung semua makhluk. Setiap makhluk selalu membutuhkan sesuatu untuk kepentingan dirinya masing-masing. Seperti kita yang membutuhkan makan dan minum. Nah, hanya Allah-lah yang menjadi tempat bergantung semua makhluk-Nya.

Nabi Isa AS berkata kepada Bani Israil, "Maukan kalian berpuasa tiga hari karena Allah? Kemudian, jika kalian memohon sesuatu kepada-Nya, niscaya Dia memberi apa yang kalian pinta, sebab balasan bagi orang yang beramal karena Allah adalah pahala." Mereka pun melakukannya, dan berkata, "Hai pengajar kebaikan, engkau mengatakan kepada kami bahwa pahala orang yang beramal itu diberikan kepada orang yang beramal karena Allah. Engkau pun menyuruh kami berpuasa selama tiga hari, lalu kami melakukannya. Kami bekerja kepada seseorang selama 30 hari, dan ia memberikan makanan ketika persediaan makanan kami habis. Apakah Tuhanmu mampu menurunkan hidangan dari langit?"

Nabi Isa AS berkata, "Bertakwalah kepada Allah, jika kamu merupakan orang-orang yang beriman." Mereka menjawab, "Kami ingin makan hidangan dari Allah sehingga hati kamu menjadi tenteram dan kami pun yakin bahwa kamu telah berkata benar kepada kami, lalu kami akan menjadi orang-orang yang menyaksikan hidangan itu".

Kemudian Nabi Isa AS berdoa, "Ya Allah, Tuhan kami, turunkanlah hidangan dari langit yang akan menjadi tanda untuk menunjukkan kekuasaan-Mu, anugerahkanlah rezeki kepada kami. Engkaulah Pemberi Rezeki yang paling utama".

Kemudian, para malaikat membawa hidangan dari langit. Hidangan itu berisi tujuh jenis ikan dan tujuh jenis roti. Malaikat meletakkannya di hadapan Bani Israil.

Jika kita membutuhkan sesuatu, berdoalah dan meminta kepada Allah karena Dia-lah tempat kita bergantung. Dengan demikian, Allah memiliki nama Ash-Shomad.

2 komentar:

ramadoni mengatakan...

om Sabeum, kalo bole tau, ini sumbernya darimana om?? kok ya saya jadi kepingin punya juga bukunya.... hehehe... makasih atas responnya nanti... =)

Unknown mengatakan...

@ramadoni: Insya Allah saat posting hari ke 99 sudah selesai saya buatkan rangkumannya. Thanks