Halaman

19 September 2009

Hari Ke-81, Asma ke-81: Al-Muntaqim

Al-Muntaqim
Maha Menetapkan Batasan / Maha Menyiksa (The Avenger)
"... Sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan kepada orang-orang yang berdosa." (Q.S. As-Sajdah[32]:22)

Arti Al-Muntaqim adalah Yang Maha Menyiksa. Allah SWT Maha Menyiksa orang-orang yang durhaka (kafir). Kelak pada Hari Kiamat, orang-orang yang kafir akan mendapat siksaan yang sangat pedih.

Neegeri Saba' adalah negeri yang sangat makmur, dan penduduknya dikenal sangat pandai. Di sana terdapat Bendungan Ma'rib yang merupakan bangunan terpenting saat itu. Mereka juga memiliki bala tentara terkuat, sehingga banyak menguasai negeri-negeri lain.

Bukan hanya itu, Allah SWT juga menganugerahi mereka tanah yang subur dan wilayah yang strategis. Di sana terdapat dua buah kebun anggur yang sangat subur dan indah. Negeri Saba' juga sangat disukai penduduk lain. Oleh karena itu, penduduk Saba' hidup dengan sejahtera tanpa kekurangan sedikit pun.

Namun, nikmat-nikmat itu bukannya mereka syukuri tapi justru mereka memilih bersikap sombong, dan mengakui kemakmuran negerinya karena usaha mereka sendiri. Kaum Saba' juga berpaling dari Allah SWT yang sesungguhnya telah memberikan banyak kenikmatan.

Sebagai akibat sikap kaum Saba' yang sombong, Allah segera mengirimkan hukuman untuk mereka. Allah mengganti pohon-pohon anggur dengan pohon Atsl dan pohon Sidr yang berbuah pahit. Allah juga meruntuhkan Bendungan Ma'rib, sehingga terjadi banjir besar. Saluran-saluran air yang telah dibangun oleh penduduk Saba' hancur berantakan. Akibatnya, kebun-kebun itu terendam air, dan berubah menjadi hutan yang hanya ditumbuhi pepohonan kecil tanpa buah.

Allah berkehendak atas segala sesuatu, termasuk memberikan siksa kepada hamba-Nya yang sombong seperti bangsa Saba'. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Muntaqim atau Maha Menyiksa.

Tidak ada komentar: