Halaman

29 September 2009

Hari Ke-92, Asma ke-92: An-Naafi'

An-Naafi'
Maha Pemberi Manfaat (The Propitious)
"...Katakanlah: 'Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah jika Dia menghendaki kemudharatan bagimu atau jika Dia menghendaki manfaat bagimu. Sebenarnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan'." (Q.S. Al-Fath[48]:11)

Allah SWT Maha Pemberi Manfaat kepada semua makhluk-Nya. Hal ini terbukti dari setiap ciptaan-Nya yang saling memberi manfaat satu dengan lainnya secara bergantian. Seperti matahari dan bulan, panas dan hujan, dan sebagainya.

Ada seorang wanita bernama Zunairah yang menjadi hamba sahaya Abu Jahal. Ia memeluk Islam. Oleh karena itu, ia dipanggil menghadap Abu Jahal.
"Benarkah kamu telah menganut agama Islam?" tanya Abu Jahal.
"Benar. Aku percaya pada seruan Nabi Muhammad, sehingga aku mengikutinya," jawab Zunairah. Mendengar hal itu, Zunairah dipukul sehingga matanya menjadi buta.

Melihat hal itu, Abu Jahal membujuknya. "Matamu menjadi buta, itu akibat masuk Islam. Kalau kamu tinggalkan agama itu, matamu akan sembuh kembali," katanya.
Betapa sakit hati Zunairah mendengar hal itu. "Kalian semua adalah pembohong. Latta dan Uzza yang kalian sembah itu tidak akan bisa berbuat apa-apa, apalagi memberi manfaat," kata Zunairah.
Abu Jahal semakin marah. Ia memukul dengan keras Zunairah.

"Wahai Zunairah, ingatlah kamu pada Latta dan Uzza. Tidak takutkah jika mereka murka kepadamu? Tinggalkan segera agama Islam!".
"Wahai Abu Jahal, sebenarnya Latta dan Uzza itu buta, lebih buta daripada mataku akibat siksaanmu. Meskipun mataku buta, Allah SWT tidak akan sulit mengembalikannya menjadi terang, tidak seperti tuhanmu Latta dan Uzza," kata Zunairah.

Berkat kekuasaan Allah, keesokan harinya, mata Zunairah yang buta kembali bisa melihat. Abu Jahal pun menjadi heran. Tak lama, Abu Bakar pun memerdekakan Zunairah, sehingga ia terbebas dari Abu Jahal.

Tidak ada komentar: