Halaman

01 September 2009

Hari Ke-64, Asma ke-64: Al-Waajid

Al-Waajid
Maha Menemukan (The Finder)
"Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan" (Q.S. Adh-Dhuha[93]:7-8)

Salah satu nama Allah adalah Al-Waajid, artinya Maha Menemukan. Maksudnya adalah Allah dapat menemukan apa saja yang Dia kehendaki. Tidak ada satu pun makhluk yang dapat lolos dari penemuan-Nya.

Saudara-saudara Nabu Yusuf merasa iri kepadanya. Karena rasa iri itulah, mereka berencana menyingkirkan Nabi Yusuf. Suatu hari, saudara-saudara Nabi Yusuf mengajaknya berjalan-jalan. ketika sampai di sebuah sumur, mereka mencopot baju Nabi Yusuf. kemudian, mereka menjatuhkan Nabi Yusuf ke dalam sumur.

Di dalam sumur yang dingin dan gelap, Nabi Yusuf menangis sambil mengadu kepada Allah, "Ya Allah, tolonglah aku. Selamatkanlah aku dari tempat ini".

Beberapa hari kemudian, serombongan pedagang berhenti di dekat sumur itu. Mereka hendak mengambil air untuk bekal dan untuk unta-untanya. Ketika mereka menarik ember yang diturunkan ke dalam sumur, ember itu terasa sangat berat. Ember itu pun ditarik ke atas. Mereka terkejut menemukan seorang anak yang tergantung di tali timba.

Akhirnya, mereka membawa Nabi Yusuf ke Mesir untuk dijual. Atas kehendak Allah, Nabi Yusuf dibeli oleh seorang menteri kerajaan untuk dijadikan anak angkatnya. Nabi Yusuf diasuh oleh menteri itu sampai akhirnya ia menjadi penasihat kerajaan.

Dari kisah di atas, Allah SWT telah berkehendak untuk menyelamatkan Nabi Yusuf dan menjadikannya seorang Nabi sekaligus sebagai pejabat kerajaan. Allah SWT selalu menemukan segala hal yang dikehendaki-Nya. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Waajid, yaitu Maha Menemukan.

Tidak ada komentar: