Halaman

24 September 2009

Hari Ke-87, Asma ke-87: Al-Jaami'

Al-Jaami'
Maha Penghimpun (The Gatherer)
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji" (Q.S. Ali-'Imran[3]:9)

Arti Al-Jaami' adalah Yang Maha Menghimpun (mengumpulkan). Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Mengumpulkan. Maksudnya, pada hari Kiamat, Allah akan mengumpulkan seluruh manusia di Padang Mahsyar setelah dibangkitkan dari kubur untuk menunggu keputusan dari Allah SWT atas semua perbuatannya di dunia.

Pada Hari Kiamat, setelah semua makhluk dibangkitkan kembali dari kuburnya, Allah menggiring mereka ke Padang Mahsyar. Mereka berkumpul di sana untuk menunggu keputusan dari Allah SWT.

Mereka berkata, "Inilah dia, sebagaimana yang telah dijanjikan Allah, dan inilah bukti yang menunjukkan kebenaran Rasulullah SAW". Mereka keluar dari kubur tanpa mengenakan pakaian. Pada saat itu, manusia dalam keadaan berbeda satu dengan lainnya, tergantung amal perbuatan masing-masing ketika di dunia. Sebagian mereka ada yang wajahnya seperti kera atau babi, matanya buta, mulutnya bisu, tubuhnya mengeluarkan nanah dan darah, dan sebagainya.

Allah akan mengumpulkan semua manusia pada Hari Kiamat kelak. Tidak ada seorang pun yang akan terlewatkan. Allah Maha Menghimpun atas segala sesuatu, sekali pun telah tercerai-berai.

Tidak ada komentar: