Halaman

26 September 2009

Hari Ke-89, Asma ke-89: Al-Mughnii

Al-Mughnii
Maha Menganugerahi (The Enricher)
"... Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah nanti akan memberimu kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana" (Q.S. At-Taubah[9]:28)

Al-Mughnii artinya Maha Menganugerahi (Maha Pemberi Kekayaan). Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Pemberi Kekayaan. Semua kekayaan yang dimiliki manusia adalah pemberian Allah. Oleh karena itu, kita tidak pantas sombong dengan kekayaan yang kita miliki. Semua yang kita punya adalah sementara dan kelak akan kembali lagi kepada pemilik-Nya yaitu Allah SWT.

Ada sebuah kisah tentang seorang pemuda bernama Qorun. Alah telah memberikan kekayaan yang melimpah kepada Qorun. Akan tetapi, kekayaan yang dimilikinya membuat Qorun menjadi sombong. Ia pun menggunakan hartanya untuk perbuatan yang tidak diridhai Allah. Selain sombong, Qorun juga sangat pelit. Dia tidak pernah berzakat atau menyumbangkan sebagian hartanya kepada fakir miskin.

Oleh karena itu, Allah SWT marah kepada Qorun. Allah membelah bumi dan mengubur Qorun beserta hartanya. Tidak ada seorang pun yang dapat menolong dan menahannya dari bencana itu. Qorun dan hartanya oun rata dengan tanah.

Kita memang tidak boleh sombong dan kikir atas kekayaan yang kita miliki. Semua harta yang dimiliki hanyalah pemberian Allah. Pemilik sesungguhnya semua yang ada di langit dan bumi ini adalah Allah SWT.

Tidak ada komentar: